Manfaat Ikan Ekor Kuning: Segudang Khasiat Untuk Kesehatan Tubuh

By | Oktober 8, 2023
Ikan Ekor Kuning Segar Laut
Ikan Ekor Kuning Segar Laut from segarlaut.com

Kenali Lebih Dekat Ikan Ekor Kuning

Ikan ekor kuning atau sering juga disebut ikan serunding merupakan salah satu jenis ikan laut yang populer di Indonesia. Ikan ini memiliki bentuk yang pipih dan panjang dengan warna keemasan yang khas pada bagian ekornya. Ikan ekor kuning dapat ditemukan di perairan laut tropis seperti di Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Manfaat Ikan Ekor Kuning untuk Kesehatan Tubuh

Ikan ekor kuning memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat ikan ekor kuning yang perlu Anda ketahui: 1. Sumber protein yang baik Ikan ekor kuning mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Protein yang terdapat di dalam ikan ekor kuning juga mudah dicerna oleh tubuh. 2. Sumber asam lemak omega-3 Asam lemak omega-3 pada ikan ekor kuning sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner. 3. Sumber vitamin D Ikan ekor kuning juga mengandung vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 4. Sumber mineral Ikan ekor kuning mengandung mineral seperti seng, fosfor, dan selenium yang penting untuk kesehatan tubuh.

Cara Memasak Ikan Ekor Kuning

Ikan ekor kuning dapat dimasak dengan berbagai cara seperti dibakar, digoreng, atau direbus. Berikut adalah beberapa resep masakan ikan ekor kuning yang bisa Anda coba di rumah: 1. Ikan Ekor Kuning Goreng Tepung Bahan: – 500 gram ikan ekor kuning – 1 butir telur – 100 gram tepung terigu – 100 gram tepung beras – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh merica – Minyak goreng secukupnya Cara membuat: – Bersihkan ikan ekor kuning dan lumuri dengan garam dan merica. – Kocok telur dan campurkan dengan tepung terigu dan tepung beras. – Celupkan ikan ke dalam adonan tepung dan telur. – Goreng ikan hingga matang dan berwarna keemasan. 2. Ikan Ekor Kuning Bakar Bahan: – 500 gram ikan ekor kuning – 2 sendok makan air jeruk nipis – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh merica – Bawang putih dan bawang merah secukupnya – Daun kemangi secukupnya Cara membuat: – Campurkan air jeruk nipis, garam, dan merica. Lumuri ikan ekor kuning dengan campuran tersebut. – Bakar ikan ekor kuning hingga matang. – Sajikan ikan ekor kuning dengan taburan bawang putih, bawang merah, dan daun kemangi.

Kesimpulan

Ikan ekor kuning memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ikan ini juga cukup mudah untuk diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba memasak ikan ekor kuning di rumah dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan