Daftar Apa Kegunaan Dari Perintah Cleanmgr Pada Command Prompt Ulasan

By | September 4, 2023
Apa Kegunaan Dari Perintah Cleanmgr Pada Command Prompt UnBrick.ID
Apa Kegunaan Dari Perintah Cleanmgr Pada Command Prompt UnBrick.ID from unbrick.id

Apa Kegunaan dari Perintah Cleanmgr pada Command Prompt?

Pendahuluan

Pada saat ini, komputer sudah menjadi salah satu alat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Terkadang, kita mengalami masalah pada komputer seperti kinerja yang lambat atau ruang penyimpanan yang terbatas. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pembersihan secara teratur untuk menjaga kinerja komputer kita tetap optimal. Salah satu cara untuk membersihkan komputer adalah dengan menggunakan perintah cleanmgr pada command prompt.

Apa itu Cleanmgr?

Cleanmgr adalah singkatan dari “Disk Cleanup Manager”. Cleanmgr adalah alat bawaan di sistem operasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk membersihkan file yang tidak diperlukan atau tidak digunakan pada komputer. Cleanmgr dapat menghapus file sementara, file yang tidak diperlukan, dan file log. Cleanmgr juga dapat membersihkan file sampah di folder Recycle Bin dan menghapus file dari folder Download.

Cara Menggunakan Perintah Cleanmgr

Untuk menggunakan perintah cleanmgr, pertama-tama kita perlu membuka command prompt. Kita dapat membuka command prompt dengan mengetik “cmd” pada kotak pencarian di menu Start atau dengan menekan tombol Windows + R dan mengetik “cmd” pada kotak dialog yang muncul. Setelah itu, kita perlu mengetikkan perintah “cleanmgr” pada command prompt dan menekan tombol Enter. Kemudian, kita akan melihat jendela Disk Cleanup Manager yang akan membantu kita membersihkan file yang tidak diperlukan pada komputer.

Berbagai Pilihan pada Cleanmgr

Jendela Disk Cleanup Manager memiliki berbagai pilihan yang dapat kita pilih untuk membersihkan komputer kita. Beberapa pilihan tersebut antara lain: – Temporary files: Membersihkan file sementara di komputer. – Recycle Bin: Membersihkan file sampah di folder Recycle Bin. – Downloaded Program Files: Membersihkan file yang diunduh oleh Windows. – Thumbnails: Membersihkan gambar mini di folder Thumbnails. – Old Chkdsk files: Membersihkan file log Chkdsk. – Previous Windows installations: Membersihkan file sisa dari instalasi Windows sebelumnya. Kita dapat memilih opsi yang ingin kita bersihkan dan kemudian menekan tombol OK untuk memulai proses pembersihan.

Keuntungan Menggunakan Cleanmgr

Menggunakan Cleanmgr pada command prompt memiliki beberapa keuntungan, di antaranya: – Menjaga kinerja komputer tetap optimal dengan membersihkan file yang tidak diperlukan. – Meningkatkan ruang penyimpanan pada komputer dengan menghapus file yang tidak digunakan. – Membantu mencegah adanya file sisa yang dapat menyebabkan masalah pada sistem operasi.

Kesimpulan

Cleanmgr pada command prompt adalah alat yang sangat berguna untuk membersihkan file yang tidak diperlukan pada komputer. Dengan menggunakan Cleanmgr secara teratur, kita dapat menjaga kinerja komputer tetap optimal dan meningkatkan ruang penyimpanan pada komputer. Selain itu, Cleanmgr juga membantu mencegah adanya file sisa yang dapat menyebabkan masalah pada sistem operasi. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan perintah Cleanmgr pada command prompt secara teratur untuk menjaga kinerja komputer tetap optimal.

Tinggalkan Balasan